Deskripsi Program Studi

PROFIL LULUSAN DAN KOMPETENSI

PROFIL

Program S1 Dharma Acariya didirikan pada tahun 1987, Program S1 Dharma Acariya memiliki mata kuliah yang terbagi dari Mata Kuliah Wajib Umum (WUM), Mata Kuliah Wajib Prodi (WPR) dan Mata Kuliah Pilihan (WPL).

Program Studi S1 Dharma Acariya telah di akreditasi oleh BAN-PT No.052/BAN-PT/Ak-XIV/SI/II/2012 pada tanggal 3 Februari 2012 dengan nilai akreditasi  B.

KOMPETENSI

KETERAMPILAN UMUM GENERAL SKILLS
1.      Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,

2.      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur,

3.      Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi,

4.      Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi,

5.      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data,

6.      Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya,

7.      Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya,

8.      Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri,

9.      Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

1.      Capable of applying logical, critical, systematic, and innovative thoughts in the context of development, or implementing science and technology with due attention and application of humanistic values in line with his/her field of expertise.

2.      Capable of showing autonomous, qualified, and measurable performance.

3.      Capable of analyzing the implications of science and technology development or implementation putting attention and implementing humanistic values in line with his/her expertise based on scientific principles, rules and ethics in providing solution, concept, design or art criticism,

4.      Compiling scientific descriptions of the aforementioned results in the form of thesis or final assignment report, as well as uploading it into the webpage of the College.

5.      Capable of making precise decisions in solving problems in its field of expertise, based on the results of information and data analysis,

6.      Capable of maintaining and developing working network with leaders, colleagues, peers either inside or outside his/her institution,

7.      Capable of being responsible for a group’s work achievement and doing supervision and evaluation upon completion of works assigned to workers under his/her responsibility.

8.      Capable of doing self evaluation process for working group(s) under his/her responsibility, and capable of managing learning autonomously,

9.      Capable of doing documentation, storage, capable of safeguarding and retrieving data in order to ensure validity and avoid plagiarism.

KETERAMPILAN KHUSUS SPECIFIC SKILLS
1.      Mengaplikasikan teori-teori dan model-model pembelajaran sesuai dengan Tipitaka secara kontekstual,

2.      Mengkaji Tipitaka secara tematik,

3.      Membuat desain pembelajaran Agama Buddha dengan jelas, baik, benar, efektif dan efisien,

4.      Memanfaatkan Ipteks untuk pembelajaran Agama Buddha,

5.      Menyelesaikan masalah pembelajaran secara buddhistis.

 

1.      To apply learning theories and models in line with Tipitaka contextually,

2.      To analyze Tipitaka thematically,

3.      To make design for Buddhism learning clearly, properly, rightly, effectively and efficiently,

4.      To utilize science and technology in studying Buddhism,

5.      To solve problems in learning with the Buddhist way.

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN KNOWLEDGE MASTERY
1.      Menguasai konsep pokok-pokok dasar Agama Buddha, Sistematika Tipitaka, Sejarah Agama Buddha, Mazhab dalam Agama Buddha, Kebuddhaan, Filsafat Buddha (Dharsana), Ciri berpikir non-dualitas (advaya), Pendidikan dalam Agama Buddha, Desain dan strategi pembelajaran, dan psikologi perkembangan peserta didik,

2.      Menguasai keterampilan menyusun perangkat pembelajaran Agama Buddha dengan baik dan benar,

3.      Mengelola pembelajaran Agama Buddha secara aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menarik,

4.      Melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan tepat dan akurat,

5.      Membuat media pembelajaran Agama Buddha berbasis teknologi dan informasi.

6.      Menguasai konsep (khusus) secara mendalam tentang kebenaran yang hakiki (Paramattha Sacca), dan pluralisme agama di Indonesia,

7.      Menguasai keterampilan khusus teknik bimbingan konseling sesuai dengan Agama Buddha secara mendalam tentang  meditasi Samatha & Vipassana Bhavana secara mendalam; membaca Paritta dengan baik dan benar, menggunakan ejaan Bahasa Pali, memimpin upacara keagamaan Buddha; membina sekolah minggu.

 

1.      Mastering the basic and principal concepts of Buddhism, Tipitaka systematics, Buddhism history, schools in Buddhism, the Buddhahood, Buddhist philosophy (Dharsana), non-duality way of thinking (advaya), education in Buddhism, design and strategy of learning, and developmental psychology of the students,

2.      Mastering the skill to array learning tools for Buddhism properly and rightly,

3.      Managing the study of Buddhism in an active, innovative, creative, effective and attractive way,

4.      Executing learning evaluation precisely and accurately,

5.      Composing Buddhism learning media based on technology and information.

6.      Mastering the (specific) concept in depth about the ultimate truths (Paramattha Sacca), and religious pluralism in Indonesia,

7.      Mastering the specific techniques of       leading counseling in line with Buddhism profoundly regarding meditation Samatha & Vipassana Bhavana in depth; reciting Paritta properly and rightly, using the spelling of Pali language, leading Buddhist religious ceremonies; developing the Sunday schools.