LPM

Sistem Penjaminan Mutu STAB Nalanda, organisasi yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik adalah Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), yang didirikan atas Surat Keputusan (SK) Ketua STAB Nalanda.

Struktur Organisasi Lembaga Penjaminan Mutu

Unsur-unsur organisasi penjaminan mutu di tingkat Perguruan Tinggi terdiri atas pimpinan STAB Nalanda dibantu oleh lembaga penjaminan mutu (LPM) atas dasar ketentuan norma-norma, standar mutu dan kebijakan akademik yang ditetapkan oleh senat pengajar. Ketua menetapkan peraturan, kaidah dan tolak ukur penyelenggaraan kegiatan akademik secara umum. Pengembangan, penerapan, dan evaluasi peningkatan mutu akademik disemua unit kerja, Ketua dibantu oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Lembaga penjaminan mutu beranggotakan: ketua, sekretaris, dan gugus penjaminan mutu. Lembaga penjaminan mutu (LPM) dibentuk berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua STAB Nalanda. Adapun tugas–tugas yang harus dilaksanakan oleh anggota Lembaga Penjaminan Mutu adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun dan mengembangkan berbagai standar dan pedoman sebagai acuan melaksanakan penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta administrasi akademik.
  2. Mengembangakan standar mutu dalam bidang pendidikan, penelitian dan pegabdian kepada masyarakat merujuk standar internasional.
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta administrasi akademik.
  4. Mengkaji dan melaporkan hasil pelaksanaan penjaminan mutu dalam suatu siklus pada seluruh unit dan jajarannya di STAB Nalanda.
  5. Menyampaikan rekomendasi kepada pimpinan sebagai masukan unuk peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Ketua, sekretaris dan gugus penjaminan mutu lembaga penjaminan mutu bertanggung jawab dalam penyelenggaraan penjaminan mutu akademik di STAB Nalanda. Lembaga penjaminan mutu juga berkewajiban untuk memberikan laporan secara periodik kepada Ketua mengenai perkembangan pelaksanaan penjaminan mutu akademik, membuat divisi bidang audit mutu akademik, divisi bidang monitoring dan evaluasi dan divisi bidang sistem penjaminan mutu internal.

Divisi bidang audit mutu akademik bertanggung jawab dalam pelaksanaan audit mutu akademik di tingkat program studi. Audit yang dilaksanakan secara periodik berdasarkan pedoman prosedur audit mutu akademik.

Divisi bidang monitoring dan evaluasi bertanggung jawab melakukan aktivitas  monitoring dan evaluasi pada  seluruh  penerima  hibah dan bantuan. Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh tim monitoring evaluasi yang ditunjuk melalui surat keputusan (SK) Ketua STAB Nalanda.

Divisi bidang sistem penjaminan mutu internal bertanggung jawab dalam pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal di tingkat program studi. Tim sistem penjaminan mutu internal berperan dalam aktivitas sistem penjaminan mutu internal yang dilaksanakan secara periodik berdasarkan pedoman sistem penjaminan mutu internal.

Status dan kedudukan LPM, adalah:

  1. Lembaga Penjaminan Mutu adalah unit yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Sistem Manajemn Mutu di lingkungan STAB Nalanda.
  2. Lembaga Penjaminan Mutu berkedudukan di STAB Nalanda dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua STAB Nalanda. LPM mempunyai perwakilan di tingkat Program Studi.
  3. Lembaga Penjaminan Mutu dan perangkatnya merupakan wakil dari manajemen dalam hal yang berkaitan dengan sistem manajemen mutu.