Selamat datang di
Sekolah Tinggi Agama Buddha
Nalanda
Masuk Halaman SiAkad
Masuk Halaman E-Journal
Nalanda Library
previous arrow
next arrow
Slider

Pusat Pelestarian Buddha-dhamma Nusantara

Center for Sustainable Nusantara Buddhism (CSNB)

Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

  • Apa itu Center for Sustainable Nusantara Buddhism (CSNB)

Center for Sustainable Nusantara Buddhism (CSNB) adalah lembaga riset dan pelatihan di bidang sosial dan budaya agama Buddha Indonesia di bawah naungan Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda (YDPBN).

  • Arti Logo CSNB
  1. Peta Indonesia Berwarna Merah Putih -> Melambangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  2. Bulatan Biru -> Melambangkan Indonesia Sebagai Negara Kepulauan yang di Kelilingi Lautan.
  3. Latar Candi Borobudur -> Melambangkan Simbol Agama Buddha di Indonesia.
  4. Hijau Mengelilingi Logo -> Melambangkan Kelestarian (Sustainable).
  • Latar Belakang CSNB

CSNB didirikan dengan kesadaran bahwa Agama Buddha yang ada di Indonesia merupakan kontinum dari perkembangan agama Buddha di India. Namun, dalam perkembangannya yang dinamis sejak masuk ke Nusantara pada abad ke-5 M, Agama Buddha telah memiliki kekhasannya sendiri.

Dalam catatan penjelajah Fa Hsien dan Sarjana Tiongkok I-Tsing, pada abad ke-7 sampai dengan tahun 1377, Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu pusat pengembangan agama Buddha di Asia Tenggara. Dalam rentang tahun 775-850, tepatnya di Jawa Tengah, berdirilah Kerajaan Wangsa Syailendra (Śailendravamśa). Kerajaan ini meninggalkan peninggalan penting berupa candi-candi Buddha seperti Candi BorobudurCandi Mendut dan Candi Pawon. Berikutnya pada tahun 1292 hingga 1478, berdiri Kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang ada di Indonesia. Bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Majapahit mewariskan gagasan penting tentang semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan Garuda Pancasila. Pada tahun 929-947 lahir kitab Sanghyang Kamahayanikan yang disusun oleh Mpu Shri Sambhara Surya Warama. Kitab ini berisi tentang pelajaran agama Buddha Mahayana (khususnya Tantrayana).

Berdasarkan latar hisotris tersebut, CNSB berupaya memaknai warisan Buddha Nusantara dalam konteks masyarakat Buddhis Indonesia kekinian. CNSB akan melakukan eksplorasi, publikasi dan diseminasi dengan melibatkan sejumlah ahli dan generasi muda yang memiliki minat terhadap studi agama Buddha di Indonesia.

  • Tujuan CSNB

CSNB didirikan dengan tujuan:

  1. Menghasilkan kajian tentang warisan benda dan bukan benda Agama Buddha Nusantara.
  2. Mempublikasikan perkembangan Agama Buddha Nusantara di masa lampau dan masa kini.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan umat Buddha dan generasi muda tentang budaya Buddhis Nusantara.
  • Nilai-Nilai (Values) CSNB
  1. Menghadirkan kemaslahatan umat dengan kebijaksanaan.
  2. Melestarikan peradaban dengan ilmu pengetahuan.
  3. Menghasilkan karya dengan inovasi dan kreativitas.
  • Struktur Organisasi CSNB
  • Visi dan Misi CSNB

Visi: Menjadi lembaga riset dan pelatihan terkemuka di bidang sosial dan budaya Agama Buddha Nusantara Pada tahun 2023.

Misi:

  1. Melakukan kajian terhadap warisan benda dan bukan benda Agama Buddha Nusantara.
  2. Melaksanakan publikasi dan diseminasi berkala tentang perkembangan Agama Buddha Nusantara di masa lampau dan masa kini.
  3. Melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam memahami budaya Buddhis Nusantara.
  • Apa yang Kami Kerjakan?
  1. CSNB bekerja dengan fokus meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap warisan kultural, filosofi, etika, dan historis perkembangan agama Buddha dalam konteks Nusantara.
  2. CSNB juga mendukung aktivitas-aktivitas kreatif untuk meningkatkan pemaknaan baru atas berbagai peninggalan sosial-budaya Agama Buddha di Nusantara.
  3. CSNB mendukung kebijakan pemerintah dalam pelestarian warisan budaya benda dan non-benda dari jejak-jejak perkembangan agama Buddha di Nusantara.
  4. CSNB akan bertindak aktif dalam memberikan rekomendasi terbaik kepada pengambil kebijakan dan publik berdasarkan hasil penelitian dari para ahli, sesuai dengan konteks dan lokus kebijakan.
  • Program Kerja

Pengurus CSNB akan membuat program kerja secara berkala. Pada tahun pertama setelah pembentukannya, CNSB akan fokus pada:

  1. Membuat liputan perkembangan Agama Buddha di berbagai pelosok Nusantara.
  2. Membuat website untuk publikasi hasil eksplorasi lapangan.
  3. Mengadakan kerja sama dengan lembaga dan ahli yang fokus pada warisan Agama Buddha Nusantara.
  4. Mengadakan kajian mendalam tentang Borobudur dan Teks Agama Buddha Nusantara seperti Sanghang Kamahayanikan dan Badrasanti.
  5. Mengadakan seminar nasional dan internasional seputar Agama Buddha Nusantara.
  6. Melakukan pelatihan bagi calon pemandu wisata yang tentang objek wisata religi Buddhis seperti Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon.
  7. Melakukan penataan sekretariat yang mencerminkan spirit CSNB.
  • Kemitraan dan Jaringan CSNB

            CSNB membangun kemitraan dengan para peneliti nasional dan global terbaik yang dapat memperkuat kualitas hasil penelitian. CSNB juga akan berkolaborasi dengan universitas terkemuka di Indonesia. Di samping itu, CSNB juga mengembangkan kemitraan dengan majelis agama Buddha, umat Buddha, pemerhati budaya, dan jurnalis guna membangun strategi advokasi secara terintegrasi. Dalam implementasinya, CSNB akan membantu pemerintah dan masyarakat untuk melestarikan warisan agama Buddha di Indonesia.

  • Pencapaian CSNB
  1. Brand, Merk, Nama dan Logo CSNB sudah terdaftar secara resmi Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual
  2. Design Kop Surat dan Kartu Nama Pendiri ataupun Pengurus CSNB sudah selesai di design
  3. Struktur Organisasi CSNB sudah lengkap
  4. Sosial Media CSNB sudah dibuat sebagai sarana dokumentasi dan promosi CSNB secara berkala
  5. Sudah Bekerjasama dengan Media-media yang mendukung sarana Dokumentasi dan Publikasi. Melalui Offline, maupun Online
  6. Sudah bekerjasama dengan beberapa Lembaga untuk Konten Penelitian dan Pelatihan Buddhadhamma Nusantara
  • Sosial Media CSNB

Facebook (FB)    : CSNB Nalanda

Instagram (IG)     : CSNB Nalanda

Youtube               : CSNB Nalanda

Email                    : csnb2020@gmail.com

  • Penutup

Centre for Sustainable Nusantara Buddhism (CSNB) atau Pusat Pelestarian Buddhadhamma Nusantara akan Menjadi lembaga riset dan pelatihan terkemuka di bidang sosial dan budaya Agama Buddha Nusantara Pada tahun 2023. Dengan Melakukan kajian terhadap warisan benda dan bukan benda Agama Buddha Nusantara. Melaksanakan publikasi dan diseminasi berkala tentang perkembangan Agama Buddha Nusantara di masa lampau dan masa kini. Serta Melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam memahami budaya Buddhis Nusantara.

CSNB akan bekerja dengan fokus meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap warisan kultural, filosofi, etika, dan historis perkembangan agama Buddha dalam konteks Nusantara. CSNB mendukung aktivitas-aktivitas kreatif untuk meningkatkan pemaknaan baru atas berbagai peninggalan sosial-budaya Agama Buddha di Nusantara. CSNB juga mendukung kebijakan pemerintah dalam pelestarian warisan budaya benda dan non-benda dari jejak-jejak perkembangan agama Buddha di Nusantara. Serta CSNB akan bertindak aktif dalam memberikan rekomendasi terbaik kepada pengambil kebijakan dan publik berdasarkan hasil penelitian dari para ahli, sesuai dengan konteks dan lokus kebijakan.

Nilai-Nilai atau Values dari CSNB adalah dengan Menghadirkan kemaslahatan umat dengan kebijaksanaan. Melestarikan peradaban dengan ilmu pengetahuan dan juga menghasilkan karya dengan inovasi dan kreativitas.

Balas
1
Butuh Bantuan?
Halo, Ada yang bisa kami bantu?