Profil Program Studi Bisnis & Manajemen Buddhis

Profil Program Studi Bisnis & Manajemen Buddhis

Pendaftaran S1 & S2 Pendidikan Keagamaan Buddha, S1 Dharma Usada, S1 Pendidikan Buddha Anak Usia Dini, S1 Ilmu Komunikasi Buddha, S1 Bisnis dan Manajemen Buddha telah dibuka

S1 Bisnis & Manajemen Buddhis

Deskripsi Program Studi

\"\"

Awalnya program studi Bisnis Dan Manajemen Buddha merupakan salah satu Program Studi Prodi di Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda yang diselenggarakan Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda. Pada bulan Juli 2021, membuka program studi baru di STAB Nalanda dalam menuju STAB Nalanda ke Universitas.

Pengembangan ini didasarkan pada pemikiran bahwa sebagai suatu disiplin ilmu, pengetahuan dan practical tools ruang lingkup manajemen begitu luas, aktivitasnya menyangkut dari individu sampai organisasi yang kompleks. Bisnis Manajemen juga merupakan bidang pengetahuan derivative yang berakar pada berbagai disiplin ilmu, mulai dari ekonomi, sosial, politik, matematika sampai engineering.

Perkembangan dunia bisnis di era globalisasi saat ini sangat cepat, untuk itu diperlukan pengetahuan, gagasan, metode, dan teknik yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan yang semakin cepat, kompleks serta tidak mudah diprediksi.

Keadaan yang demikianlah mendorong STAB Nalanda untuk mengembangkan Prodi Bisnis dan Manajemen Buddha, agar lebih leluasa berkembang. Saat ini, program studi Bisnis & Manajemen Buddha mengelola dan memberikan layanan Pendidikan dengan konsentrasi pemasaran dan keuangan.

Tujuan Program Studi

  • Terselenggaranya program pendidikan bisnis dan manajemen buddha di tingkat sarjana yang berbasis teknologi informasi, berbudi luhur, berlandasan dharma dan berwawasan global serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta diterima di lingkungan nasional maupun global.
  • Terciptanya lingkungan yang kondusif di Program Studi Bisnis dan Manajemen Buddha bagi pelaksanaan kegiatan belajar, mengajar dan penelitian yang efisien dan efektif sehingga dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan professional.
  • Terciptanya keterkaitan dan relevansi seluruh kegiatan akademis di Program Studi Bisnis dan Manajemen Buddha dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur dan spiritual.
  • Terjalinnya kerjasama dengan berbagai pihak (baik dalam negeri maupun luar negeri) agar proses pembelajaran selalu mutakhir dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat agar lulusan dapat diterima di lingkungan global.

Sasaran Mutu

  • Peningkatan di bidang kualitas kelembagaan, pendidikan dan kemahasiswaan di Program Studi Bisnis dan Manajemen Buddha.
  • Peningkatan kompetensi lulusan untuk menghadapi persaingan global.
  • Peningkatan di dalam penggunaan teknologi informasi disetiap kegiatan.
  • Peningkatan keunggulan Program Studi Bisnis dan Manajemen Buddha dalam meningkatkan daya saing lulusan.
  • Peningkatan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Peningkatan Kualitas tenaga kependidikan, dosen, dan mahasiswa serta kerjasama nasional dan internasional.
  • Peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Sasaran Pencapaian

Berdasarkan sasaran yang telah ditetapkan seperti yang diuraikan diatas, Program Studi Bisnis dan Manajemen Buddha menetapkan strategi pencapaian menjadi tiga dengan mengacu pada Renstra yang dibuat per lima tahun yang meliputi: Strategi Jangka Pendek (2021-2024), Strategi Jangka Menengah (2024-2028), serta Strategi Jangka Panjang (2028-2032).

Hal ini dapat dijelaskan secara rinci sebagai berikut:

  • Strategi jangka pendek (2021-2024)
    • Pada tahap ini, dilakukan pemantapan kualitas dan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur sarana prasarana, infratruktur teknologi informasi, serta metode pembelajaran untuk mendukung ketercapaian Program Studi Bisnis dan Manajemen sebagai lembaga pendidikan yang terkemuka.
  • Strategi jangka menengah (2024-2028)
    • Tahap ini, melakukan peningkatan mutu tata kelola yang baik, peningkatan produktifitas program kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang penelitian dan mutu pendidikan serta kemahasiswaan guna menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing di level Nasional.
  • Strategi jangka panjang (2028-2032)
    • Pada tahap ini, dilakukan pemantapan tahap akhir seluruh program kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi serta seluruh infrastruktur pendukung demi mewujudkan terciptanya internasionalisasi dalam menghadapi persaingan di kancah global.

Profil Lulusan

  • Marketing
    • Mempunyai sikap profesional, menguasai bidang pemasaran dan memiliki kemampuan  berkomunikasi, bernegosiasi serta mengikuti perkembangan Iptek yang berlandaskan nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab 
  • Manajer
    • Mampu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, berkomunikasi dan bernegosiasi serta dapat mengendalikan organisasi bisnis dan non bisnis di bidang  pemasaran, sumber daya manusia, operasi, dan keuangan yang berlandaskan nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab.
  • Tenaga Pengajar
    • Mampu  berkarya di bidang pendidikan sesuai keahliannya, melakukan riset dan pengabdian masyarakat, dengan mengikuti perkembangan IPTEK serta berpikir secara logis, berdasarkan nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab. 
  • Wirausahawan
    • Mampu melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan memiliki kemampuan entrepreneur dan manajerial, berpikir kreatif dan berinovasi,  kemampuan berkomunikasi, bernegosiasi dan memiliki network yang luas serta tanggap terhadap perubahan kebutuhan dan keinginan pasar dan industri, dalam menghadapi tantangan global dengan berlandaskan nilai kejujuran, peduli dan bertanggungjawab.

Gelar Lulusan:
Gelar lulusan Program Studi Bisnis dan Manajemen Buddha STAB Nalanda adalah Sarjana Manajemen (S.M.)

Ayo Bergabung Sekarang!